Sejarah



Sejarah Perkembangan Jurusan Perbankan Syariah
Beralihnya status Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang Menjadi STAIN Batusangkar pada tahun 1997 yang membuka 2 jurusan yaitu Tarbiyah dan Syariah, dimana pada waktu itu syariah masih memiliki satu program studi, barulahpada tahun 2000 dibuka lagi satu program studi di bawah jurusan syariah yaitu program studi Muamalah/ Ekonomi Islam Konsentrasi Perbankan Syariah. 
Awal perkembangannya program studi Muamalah/Ekonomi Islam membuka satu lokal dengan jumlah Mahasiswa 31 orang, untuk tahun-tahun berikutnya peminat dan jumlah mahasiswa bertambah setiap tahunnya.
Seiring dengan meningkatnya perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang membuka cabang diseluruh daerah secara perlahan diindonesia tentu juga membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten yang bisa mengisi pos-pos yang dibutuhkan.
Dengan keadaan ini Program Studi Muamalah/Ekonomi Islam Konsentrasi Perbankan Syariah dibawah Jurusan Syariah SYAIN Batusangkar menyusun kembali program baru tentang mata kuliah, silabus, praktikum, visi dan misi, dan renstra yang untuk menjadikan program studi mualah/Ekonomi Islam Konsentrasi Perbankan Syariah menjadi program studi Muamalah/Ekonomi Islam Konsentrasi Perbankan Syariah menjadi program studi perbankan syariah sesuai juga dengan numenklatur yang sudah ada dan disetujui oleh dirjen dikti pusat, agar program studi ini lebih bisa berkompetisi pada dunia usaha dalam mengisi lapangan pekerjaan yang disediakan oleh perbankan syariah yang ada di Indonesia khususnya di Sumatera Barat.
Maka pada tahun 2012 resmilah dirubah program studi Muamalah/Ekonomi Islam Konsentrasi Perbankan Syariah menjadi progran studi Perbankan Syariah. Dan pada tahun 2015 dengan beralihnya STAIN Batusangkar menjadi IAIN Batusangkar Maka program studi Perbankan Syariah menjadi jurusan Perbankan Syariah.. Untuk akreditasi mulai tahun 3013 terakreditasi B dengan jangka waktu Agustus 2013 – Agustus 2018,  yang lulusannya diberi gelar Sarjanan  Ekonomi (SE).
Untuk menjamin mutu proses pembelajaran dan hasil belajar jurusan Perbankan Syariah didukung oleh sarana prasarana dan kualifikasi dosen yang profesional dan kompeten di bidangnya dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3 dalam dan luar negeri.

0 komentar :